Google

Welcome Note

This site/blog will tell the world more about my lovely son, named Agus Surya Yoewira or Yoe Wen Yang (his Chinese name). Beside uploading his photos and stories, I will also quote nice, spiritual and touching stories or articles from other resources. Hope this site/blog will be inspiring and useful for other moms in this world.
(Indonesian: Site/blog ini kupersembahkan oentoek putraku terkasih, Agus Surya Yoewira/Wen Yang. Walaupun tidak detail amat, akan selalu kutuliskan perkembangan dia baik melalui tulisan, cerita atau foto-foto. Selain itu ada macam-macam puisi, tantra, kalimat indah dan artikel-artikel yang semoga dapat berguna dan menjadi inspirasi bagi yang membacanya)

MY OATH TO YOU

When you are sad, ………………. I will dry your tears
When you are scared, …………….. I will comfort your fears
When you are worried, …………… I will give you hope
When you are confused, ………….. I will help you cope
And when you are lost, …………… and cant’t see the light, I shall be your beacon….Shining ever so bright.
This is my oath………… I pledge till the end. Why you may ask? ……………… Because you’re my son.


FAMILY = (F)ATHER (A)ND (M)OTHER (I) (L)OVE (Y)OU

Surya's reply :-D

Every love that you've been given to me
will never ever go away
coz your loves are
my spirit .......
my light ........
my destination ......
my guide ...........
and
my everything......

LOVE YOU, MOMMY.... !!!

Surya's Slide Show! (new born until 2 years old)

Menumbuhkan Kemandirian Sejak Dini

Mandiri Sejak Dini? Mungkinkah? Mungkin!! Ya, mungkin sekali anak-anak mandiri sejak dini, bahkan sejak bayi baru lahir!!

Syaratnya cuma :

1. Jangan pernah meragukan atau meremehkan kemampuan mereka

2. Jangan intervensi usahanya, biarkan mereka berusaha sendiri, orang tua cukup mendampingi, tidak perlu menggurui atau menasehati ini itu, cukup jadi supporter yang baik

3. Hargai setiap usahanya, sekecil apapun itu, berikan mereka pujian. Sejak kecil, anak-anak sebenarnya sudah menunjukkan tanda-tanda kemandiriannya, tanda-tanda kesiapannya untuk suatu hal. Hanya saja, kadang-kadang orang tua seringkali lupa atau malah mengabaikan signal-signal tersebut.

Banyak signal-signal dan tanda ingin mandiri yang ditunjukkan seorang anak. Mulai belajar tengkurap, merangkak, berdiri, berjalan, turun dari tempat tidur, naik tangga, makan, pakai baju, celana, pasang kancing, menulis, pakai sepatu, pakai kaos kaki, menggambar, dsb. Tinggal orang tuanya aware atau tidak. Percaya atau tidak pada kemampuan anak.

Falda belajar pake celana sendiri (umur 1,5 th) Contoh gampangnya, ketika anak mulai belajar makan-makanan padat (belajar MPASI, sekitar umur 6-8 bln), mereka mau pegang sendok sendiri, mau suap sendiri, mau makan sendiri. Kadang-kadang kita orang tua mikir "ah repot, nanti berantakan, belepotan, makanannya sedikit yang masuk, kebuang-buang" See? Under estimate pada kemampuan anak. Memang sih kalo kita biarkan anak makan sendiri jadi sedikit merepotkan. Tapi, demi pelajaran berharga bagi mereka, knapa tidak? Sebuah pelajaran memang mahal harganya. Bayar sekolah bayi aja mahal dan butuh modal.

Nah ini self learning yang ingin dijalankan anak malah tidak didukung, bagaimana anak mau belajar mandiri? Mau belajar percaya akan kemampuannya? Lama-lama, karena merasa gak dipercaya, anak jadi mikir, "ah, biarin deh gak usah coba lagi, nanti kalo aku coba lagi malah dimarah-marahi, salah melulu", Huffffhhh

Giliran orang tua ingin anak belajar mandiri untuk makan, anak udah malas mencoba ^__^ Contoh lain: Ketika anak mau belajar naik tangga sendiri. Tidak jarang orang tua belum-belum sudah berseru "awas, jangan naik-naik tangga, nanti jatuuh!! Apa yang kira-kira terjadi pada anak ketika kita berseru seperti itu? Yup, mereka kaget, mengkeret, atau bahkan jadi takut mau naik. Walau memang ada juga yang ndablek dan masa bodoh, tetep naik tangga. Tapi sedikit atau banyak seruan kita sudah menurunkan sedikit rasa percaya dirinya. Trus musti gimana doonk? **bingung jadi orang tua**

Untuk masalah makan, biarkan anak belajar makan sendiri. Taruh anak di high chair (jika ada), alasi lantai high chair dg karpet plastik atau koran (supaya gampang membersihkannya, atau kalau pake koran tinggal buang), bersihkan atau cuci meja high chair sebelum makan, sehingga bersih dan steril. Taruh piring plastik isi makanan, sendok plastik di meja tsb, atau bisa juga berikan finger food jika suka, kemudian katakan "nah sekarang giliran adek makan, makan yang banyak ya" Dah, tinggalkan anak makan sendiri, yakinkan diri kita sendiri bahwa mereka bisa makan, entah seberapa pun yang masuk. Ketika sesi makan selesai, walau meja, lantai berantakan, baju dan mukanya belepotan, hargai usahanya, katakan"waaa, adek hebat, bisa makan sendiri, habis lagi. Good job!!" sambil acungkan dua jempol atau berikan pelukan hangat atau kecupan sayang. Kalau gak punya high chair bagaimana? Sediakan karpet plastik bersih, dudukkan mereka disana, taruh semua perlengkapan makannya di karpet dan lakukan hal yang sama seperti contoh makan di high chair. Kalau belum bisa duduk sendiri? Berikan finger food dan pangku anak, biarkan mereka makan sendiri. Atau, dudukkan di karpet, berikan sanggahan di belakangnya, dan tetap letakkan perlengkapan makan di depannya, nanti mereka akan belajar untuk melakukannya sendiri karena mereka memang mau bisa.

Bagaimana untuk anak yang mulai belajar naik tangga? Biarkan mereka naik tangga sendiri, orang tua mendampingi di belakangnya. Ingat, hanya mendampingi, jangan memegangi!! Bersabarlah mengawasi anak dari belakangnya. Ketika anak naik tangga satu step, orang tua mengikuti di bawahnya, begitu anak berhasil, berikan pujian "waaaa, hebaaaattt", berikan tepuk tangan jika perlu. Naik tangga step kedua, orang tua mengikuti lagi, begitu terus sampai tangga teratas, orang tua mengikuti dan mendampingi di belakang anak, berikan pujian selalu setiap anak berhasil di tiap stepnya. Dengan cara seperti itu, Insya Allah akan menumbuhkan kepercayaan diri pada diri si anak sekaligus menumbuhkan kemandirian pada dirinya.

Ok, happy parenting. Smoga bermanfaat

No comments:

Video clip perkembangan janin (9 months)

Song of today :



Faye Wong - Eyes on Me