Google

Welcome Note

This site/blog will tell the world more about my lovely son, named Agus Surya Yoewira or Yoe Wen Yang (his Chinese name). Beside uploading his photos and stories, I will also quote nice, spiritual and touching stories or articles from other resources. Hope this site/blog will be inspiring and useful for other moms in this world.
(Indonesian: Site/blog ini kupersembahkan oentoek putraku terkasih, Agus Surya Yoewira/Wen Yang. Walaupun tidak detail amat, akan selalu kutuliskan perkembangan dia baik melalui tulisan, cerita atau foto-foto. Selain itu ada macam-macam puisi, tantra, kalimat indah dan artikel-artikel yang semoga dapat berguna dan menjadi inspirasi bagi yang membacanya)

MY OATH TO YOU

When you are sad, ………………. I will dry your tears
When you are scared, …………….. I will comfort your fears
When you are worried, …………… I will give you hope
When you are confused, ………….. I will help you cope
And when you are lost, …………… and cant’t see the light, I shall be your beacon….Shining ever so bright.
This is my oath………… I pledge till the end. Why you may ask? ……………… Because you’re my son.


FAMILY = (F)ATHER (A)ND (M)OTHER (I) (L)OVE (Y)OU

Surya's reply :-D

Every love that you've been given to me
will never ever go away
coz your loves are
my spirit .......
my light ........
my destination ......
my guide ...........
and
my everything......

LOVE YOU, MOMMY.... !!!

Surya's Slide Show! (new born until 2 years old)

Mama join seminar Glenn Doman Method

Surabaya, 10 Mei 2008

Tadi siang pas Surya tidur, mama menghadiri seminar Glenn Doman Method “Bisa Membaca sejak Balita” yang diselenggarakan oleh Frisian Flag dalam acara Smart Parents Conference. Seminar dipresentasikan oleh Ibu Irene F. Mongkar sebagai praktisi Glenn Doman yang telah sukses menerapkan metode Glenn Doman terhadap putrinya, Dea.

Seminar tersebut walaupun singkat (sekitar 3 jam) tetapi sangat berbobot dan bermanfaat bagi orang tua dalam mengoptimalkan kecerdasan anak-anak mereka di masa “Golden Years” (0-6 tahun). Minggu depannya lagi mama akan join workshop Glenn Doman yang akan menerangkan lebih detail bagaimana cara menggunakan flash card-2 tersebut. Semoga usaha mama dengan membeli kit set tersebut & menstimulasi Surya dapat membuahkan hasil untuk mempersiapkan masa depan Surya agar Surya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tentunya faktor kecerdasan Surya bukan hanya dari stimulasi tsb, tetapi juga pemberian nutrisi yang tepat, pengetahuan papa mama dan kehangatan cinta kasih papa mama yang tidak kalah pentingnya.

Setelah mengikuti seminar tersebut, mama rada menyesal memperkenalkan dan memberitahukan ke 26 huruf ke Surya lebih awal karena semestinya Surya belajar kata dulu (lebih konkrit sementara huruf adalah abstrak). Semoga mama belum terlambat menerapkan metode Glenn Doman ini ke Surya dan dapat dukungan penuh dari papa, juga orang-orang di sekitar Surya. Dari seminar tsb pula mama jadi tau pentingnya mengajarkan anak cinta buku.

Ibu Irene juga mengingatkan kekeliruan yang sering para orang tua lakukan adalah ketidakpercayaan orang tua terhadap anaknya dengan memberikan test/mengujinya, spt kita sering nanya mama / papa mana ke bayi kita, membanggakan anak kita ke saudara-saudara & teman-teman dengan menanyakan hal yang sama dan berulang-ulang. Sampai pada titik jenuh/kebosanan, anak akan menjawab asal aja alias ngawur, hehe. Jadi ajarkan saja sebanyak2nya pada anak kita, jangan mengujinya. Herbert Spencer mengatakan bahwa otak tidak boleh mengalami kelaparan seperti halnya dengan perut. Pendidikan harus dimulai sejak masih bayi dalam buaian tetapi dalam suasana yg menyenangkan, gembira, heboh, rilex, tidak memaksa dan konsistensi. Walaupun tidak detail, kita diajarkan cara memainkan flash card tsb dan tahapan-2nya. Selain itu ditampilkan beberapa testimonial atau contoh keberhasilan orang tua lain.

Seminar ditutup dengan menampilkan slide lagunya Josh Groban “You Raise Me Up” trus kita nyanyi bersama dengan hati. Lyric lagu ini emang bagus banget untuk mengingatkan para orang tua kalau anak kita akan tumbuh dengan cepat menjadi anak yang mandiri dan saat itu kita akan bangga terhadapnya karena dia telah tumbuh menjadi anak yang kuat dlm segala kekuatiran, kesusahan, kesendirian dan kesepian spt yang dia nyanyikan tsb….. kita para orang tua ada saatnya akan melepaskan dia, sehingga kita tidak akan bisa memeluknya setiap hari atau dia tidak bisa seterusnya bersandar di bahu kita. Ya para orangtua sudah tentu akan memberikan yang terbaik buat anak-anaknya, terutama buat masa depan mereka yang cemerlang.


Sekilas tentang Glenn Doman:
Glenn Doman menerima gelar di bidang terapi fisik dari University of Pennsylvania pada tahun 1940. Beliau membantu ribuan orang tua untuk memaksimalkan potensi otak anak, baik anak normal maupun anak cedera otak. Metodenya bukan untuk membuat anak jenius tetapi membuat anak memiliki ‘confident’, ‘imaginative’ dan ‘happy’. Beliau adalah pendiri The Institute for the Achievement of Human Potential di Philadelphia – tahun 1955. Banyak yang telah ditulisnya, diantaranya: How to Teach Your Baby to Read, How to Teach Your Baby Math, How to Multiply Your Baby’s Intelligence, How to Give Your Baby Encyclopedic Knowledge, How to Teach Your Baby To Be Physically Superb dan What To Do About Your Brain-Injured Child.

Glenn Doman dan para ahli dalam pertumbuhan otak anak di Institut telah membuktikan bahwa anak-anak yang sangat muda usia mempunyai kemampuan belajar yang jauh lebih dari yang pernah kita duga. Pada dasarnya anak-anak adalah linguistic geniuses.

Ada 4 poin dasar/esensiil yang harus diperhatikan dlm mengajarkan balita membaca dan matematika tersebut, yaitu :
1. Teach joyously (ajarkan dengan gembira, rilex, santai, heboh, tidak memaksa)
2. Go very quickly (gerakan cepat)
3. Applaud your child's success enthuasiastically (penuh semangat, wajah ceria, suara ekspresif, intonasi menarik, beri pelukan hangat, cium dg cinta setiap kali selesai pelajaran sehingga anak merasa sedang melakukan kegiatan yang amat menyenangkan)
4. Don't test! (Jangan melakukan test/mengujinya)

Sebagai penutup mama juga mo mengutip perkataaan Neil Amstrong (Astronot Amerika) : "One small step for man, one giant leap for mankind" = semoga langkah kecil yang kita lakukan akan menjadi lompatan besar untuk kemajuan dunia anak-anak kita yang mewakili masa depan kita.

Demikian diary mama hari ini, God bless us!

Amen.


No comments:

Video clip perkembangan janin (9 months)

Song of today :



Faye Wong - Eyes on Me