Google

Welcome Note

This site/blog will tell the world more about my lovely son, named Agus Surya Yoewira or Yoe Wen Yang (his Chinese name). Beside uploading his photos and stories, I will also quote nice, spiritual and touching stories or articles from other resources. Hope this site/blog will be inspiring and useful for other moms in this world.
(Indonesian: Site/blog ini kupersembahkan oentoek putraku terkasih, Agus Surya Yoewira/Wen Yang. Walaupun tidak detail amat, akan selalu kutuliskan perkembangan dia baik melalui tulisan, cerita atau foto-foto. Selain itu ada macam-macam puisi, tantra, kalimat indah dan artikel-artikel yang semoga dapat berguna dan menjadi inspirasi bagi yang membacanya)

MY OATH TO YOU

When you are sad, ………………. I will dry your tears
When you are scared, …………….. I will comfort your fears
When you are worried, …………… I will give you hope
When you are confused, ………….. I will help you cope
And when you are lost, …………… and cant’t see the light, I shall be your beacon….Shining ever so bright.
This is my oath………… I pledge till the end. Why you may ask? ……………… Because you’re my son.


FAMILY = (F)ATHER (A)ND (M)OTHER (I) (L)OVE (Y)OU

Surya's reply :-D

Every love that you've been given to me
will never ever go away
coz your loves are
my spirit .......
my light ........
my destination ......
my guide ...........
and
my everything......

LOVE YOU, MOMMY.... !!!

Surya's Slide Show! (new born until 2 years old)

Surya now is 2 years old



Surabaya, 16 Agustus 2008

Surya hari ini telah berusia 2 tahun, tapi kalau Surya ditanya selalu jawabnya ‘iga aon’…….
Gak terasa waktu berlalu begitu cepat, mama sepertinya baru aja melihat Surya belajar tengkurap & merangkak eh sekarang udah tumbuh besar dan bisa segalanya. Tambah gede, tambah pintar tapi juga tambah nakal, hehe


The greatest achievement di usia 2 tahun ini adalah Surya udah bisa berhitung dan menyebut nama diri sendiri (wen yang ato uyaaaa), papa udi, mama ina dan nama panggilan orang-orang di sekitarnya. Juga bisa menyebutkan nama benda di sekitarnya karena ingatan Surya emang kuat sekali. Achievement lain Surya adalah Surya tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat dan ceria.

Detail perkembangan Surya sampai usia 2 tahun ini adalah:



Aktivitas motorik:

  • Sebelum 2 tahun Surya udah bisa loncat-loncat (sambil berputar juga bisa), naik turun sofa yang lumayan tinggi (sekitar 60 cm) & naik tangga sendiri dengan megangi besi di pinggir tangga tapi kadang juga gak perlu pegangan. Kita yang dewasa selalu mengawasi dan menjaga di belakangnya karena Surya kalo naik tangga gak bisa pelan, kuatir jatuh aja

  • Bisa menyusun balok-balok/kubus sampai tinggi dan tdk jatuh

  • Bisa menyusun puzzle huruf/abjad.

  • Udah bisa memakai sandal dan sepatu sendiri bahkan punya papa & mama juga dipakainya --> trus berjalan dengan sandal kebesaran tsb, hehe.

  • Udah bisa melepas celana dan sepatu sendiri. Kalau kaos susah. Saat ini lagi mencoba membuka kancing baju / hem nya.

  • Udah bisa melakukan perintah seperti buang sampah di dapur/belakang, ambilin botol susu, ambilin buku dan ambil gelas minumnya sendiri. Sekarang Surya lagi belajar menyimpan mainan ke tempatnya setelah selesai (untung Surya mau, hehe)

  • Nendang bola dah pintar dari kecil dan keras sekali nendangnya.

  • Pagi sampai sore hari udah mulai diajari minum tanpa dot/botol kalau minum susu. Malam masih pakai botol karena sambil tiduran.

  • Toilet training dah sukses. Jadi kalau mau pipis atau pup bisa bilang, tapi kalau malam tetap ngompol karena dari bayi Surya tidak pernah pakai diapers dan Surya bubuknya nyenyak sekali. Mama juga ketiduran sehingga gak pernah pipisin Surya di tengah malam/subuh.

Komunikasi / Verbal skill:

  • Bisa menyebutkan namanya sendiri walaupun ada lafal huruf yang hilang (uyaaaaaaaaaaaaa tapi kalo wen yang jelas sekali dan cepet)

  • Bisa berhitung (mau menghitung jika ada obyek benda, ntah gambar di sprei atau di bukunya). Diam-diam dia akan menghitung mulai satu sampai sepuluh. Tapi seringnya satu dihilangkan langsung ua….. atau abis enam bisa kembali ke igaaa --> disengaja gitu.

  • Udah bisa menyebutkan nama obyek benda yang kita tunjuk.

  • Udah bisa telpon sendiri lo (angkat gagang trus pencet di sembarang nomer di speed dial, trus langsung bilang halooo) --> musti kita awasi kalau gak pulsa membengkak dan di seberang sana kasian halo halo terus abisnya Surya cuman bilang halo halo juga, hehe.

  • Karena ingatannya tajam, dia akan bilang air ancur setelah kita melewati jln Tunjungan mau menuju ke Grahadi. Apalagi kalau mau dekat rumahnya, dia inget banget dan akan bilang ampe.
Kemampuan interpersonal dan sosial:

  • Kalau ama orang yang baru dikenal, Surya agak takut. Jadi jangan disapa apalagi digoda begitu ketemu dia, dia akan teriak dan bilang moh moh (atau kadang nangis tp palsu dan bentar aja). Kalau udah lama sekitar setengah jam, dia baru mau disapa atau diajak bermain. Lucunya kalau ketemu ama anak seusia dia, dia gak perlu adaptasi, jadi langsung bermain bersama trus lama-lama terdengar ocehannya.

  • Surya belum sekolah sih makanya masih kurang bersosialisasi. Biar gak penakut banget, Surya sering diajak pergi dan yang paling sering ya ke mall.

Food: udah maem nasi tapi lauknya masih dibedain (tanpa MSG) Kadang-2 aja ikut makan di resto (mencicipi aja). Favorite food: Mie & Buah-buahan.

Weight: 13kg

Length: 88cm

Illness: none
Alergic: telur puyuh (kalau cuman 1 bj masih ok lah)

Hobbies: loncat-loncat, main air, liat foto album, watching TV (Nemo, Pocoyo, Telettubies, Snow Buddies dan Baby Einstein), main mobil2an, main & lempar bola (ntar tiba-tiba tepuk tangan sambil bilang menang)

Favorite character: Nemo, Pocoyo, Annie Gajah and Po (Telettubies)

Favorite toys: bola, any kind of phones, puzzle block/alphabets, brochures, books, pensil & kertas untuk coret-coret (Surya bilangnya sih toles = tulis), botol-botol lampe berger dan yang heboh lagi adalah juicer (dia pura-puranya bikin juice trus dituang di gelas-gelas plastik mainannya)

My son, you have shed your beauty light into our lives and things have not been the same anymore.


Thank you dear Lord for sending us your most precious gift of all…

Happy 2nd birthday, son !

His pictures (he is so big now):

No comments:

Video clip perkembangan janin (9 months)

Song of today :



Faye Wong - Eyes on Me